Jumat, 20 Januari 2012

Cara Kempercepat Koneksi Internet XL

Cara mempercepat koneksi internet dengan modem GSM XL adalah yang akan saya bahas di postingan kali ini. Setelah dibingungkan banyaknya tawaran brand GSM dan CDMA koneksi internet yang mengklaim koneksi cepat murah dan embel-embel lainnya, pilihan saya menggunakan koneksi internet XL. Alasannya adalah karena memang saya buktikan dengan meminjam modem sana kemari dan yang paling cepat (untuk daerah saya) adalah XL, bukanya iklan, tetapi cuma membuktikannya saja, dan buktinya saya rasa cukup cepat dari pada yang lainnya. Sebelum pembahasan lebih lanjut, kita bahas tentang seluk beluk koneksi XL nya terlebih dahulu.
Paket Internet XL
Disini saya menggunakan Paket Bulanan 99Ribu dengan Quota FUP 1GB, kecepatan Up to 512Kpbs. Jika Quota habis, maka kecepatan tidak terlalu drastis turun, yaitu Up to 128kpbs. Jika di telkomsel flash, setelah Quota habis, maka kecepatan turun menjadi 64kpbs [di keterangan web telkomsel]
Coverage Area Jaringan XL
Sebelum anda menentukan untuk menggunakan atau berganti menggunakan koneksi internet XL, sebaiknya lihat coverage area jaringan terlebih dahulu. Disini kelebihan dari XL, bisa melihat coverage area apakah daerah kita terlintas koneksi 3G atau tidak.
Coverage Area bisa dilihat disini : http://xl.co.id/coveragearea.
Cara Mempercepat koneksi Internet XL
Perhatikan Modem yang anda gunakan
Secara tidak langsung, modem juga mempengaruhi kecepatan internet. Disamping kapasitas kecepatan dari modem tersebut, dan juga daya tarik sinyalnya.
Perhatikan Sinyal yang melintas didaerah kita
Dengan melihat coverage area XL yang saya terangkan diatas, kita bisa tau daerah kita dilewati sinyal yang bagus. Jika sinyal tidak melewati daerah kita maka sia-sia kita browsing di internet dan mencari artikel tentang cara mempercepat koneksi internet.
Mengubah APN dan DNS [Profile/GPRS Setting]
Alternatif pertama :
Profile name : Unlimited
Dial Number : *99#
User Name : [kosongkan]
Password : [kosongkan]
APN : xlunlimited
Primari DNS : 165.21.100.88
Secondary DNS : 165.21.83.88
Alternatif Kedua :
Profile name : Internet
Dial Number : *99#
User Name : [kosongkan]
Password : [kosongkan]
APN :Internet
Primari DNS : 165.21.100.88
Secondary DNS : 165.21.83.88
Buatlah dua setingan profile management seperti keterangan di atas. Dan gunakan salah satunya, saya pernah mendownload mencapai kecepatan 120kb/s.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar